Ciri-Ciri Burung "Jalak Suren" Jantan dan Betina Lengkap dan Jelas

Ciri-Ciri Burung "Jalak Suren" Jantan dan Betina Lengkap dan Jelas

Mempunyai fauna peliharaan bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi berbagai orang. Salah satu fauna yang tak sedikit dipelihara merupakan burung. Hari ini bakal mengulas tentang burung jalak yang terbukti lumayan tak sedikit peminatnya. Faktor yang tetap menjadi percakapan para pengkegemaran burung jalak merupakan tentang perbedaan jalak suren jantan dan jalak suren betina, sebab kedua burung ini mempunyai ciri fisik yang hampir sama. Meskipun begitu, tak mungkin sama sekali tak menemukan kunci untuk membedakan antara keduanya.

Cara mudah mengidentifikasi apakah burung tersebut tergolong jalak suren jantan alias betina merupakan ketika burung telah berusia sedikitnya 10 bulan. Dalam faktor ini burung telah mengalami masa dewasanya dan telah mulai timbul perbedaan yang mendasar antara yang jantan dan betina. Untuk jalan suren jantan, lihatlah apakah di kurang lebih dubur tumbuh bulu-bulu yang berwarna kebiruan alias ungu. Apabila terbukti tersedia bulu-bulu warna itu, bisa dipastikan bahwa burung tersebut berjenis kelamin jantan. Ketika burung jalak suren tetap sama-sama muda, tsobat ini tak bakal ditemukan dan orang awam wajib menantikan masanya hingga mereka dewasa alias meminta bantuan terhadap ahlinya.

Selain faktor tersebut, perbedaan jalak suren jantan dan betina bisa dilihat pada warna kulit yang melingkar di kurang lebih mata burung. Untuk burung yang jantan warnanya oranye kemerahan dan lebih cerah dan bulu putih pada pipi tetap nyambung ke belakang membentuk garis putih hingga leher atas. Ciri burung yang jantan berikutnya yaitu pada warna bulu di tahap kepala lebih hitam legam. Apabila Sobat memperhatikan, burung yang jantan mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dan lebih panjang. Paruh, ekor, dan kaki burung jantan lebih panjang.

Meskipun sama-sama mempunyai jambul, burung yang jantan mempunyai jambul lebih panjang dan lebar dibanding burung betina. Burung yang jantan juga lebih aktif, agresif, dan rutin ingin menyerang. Ketika berkicau mereka tak jarang terkesan membusungkan dada. Kemudian seusai mengenal ciri-ciri burung jalak suren jantan, lanjut memahami ciri-ciri yan betina sebagai tutorial mengidentifikasi perbedaan jalak suren jantan dan betina. Burung betina mempunyai warna oranye pada wajah yang warnanya lebih pucat dibandingkan jalak suren jantan dan tubuhnya lebih singkat dan bulat.

Warna kepala dan punggung burung jalan suren betina sedikit memudar, tak semacam burung jantan yang hitam legam. Ciri mudah yang bisa dilihat merupakan tahap-bagian tertentu pada burung betina lebih singkat dibandingkan pada burung jantan, semacam pada paruh, ekor, dan kakinya. Warna kusam juga diidentikkan dengan burung jalan suren betina ini, sebab warna putih pada wajah juga terkesan kusam. Kicauan begitu monoton dan gerakannya lambat. Itulah berbagai perbedaan jalak suren jantan dan betina yang bisa Sobat jadikan referensi ketika bakal memilih burung jalak suren baik yang jantan maupun betina.

Tahukah kamu burung jalak suren? Burung jalak suren / uren (Sturnus contra) merupakan tipe burung yang ditemukan di Asia Tenggara serta Anakbenua India. Burung ini biasa nasib berkelompok dalam jumlah kecil serta tak jarang ditemukan di kaki lembah-lembah serta dataran rendah. Burung jalak suren mempunyai beberapa variasi bulu serta sekarang tercatat ada lima subspeciesnya.

Ciri umum dari jalak suren merupakan sebagai berikut:

  • Berkapasitas sedang, yaitu kurang lebih 24 cm.
  • Warna dominannnya merupakan hitam serta putih.
  • Dahi, pipi, tunggir, garis sayap, serta perut berwarna putih.
  • Tenggorokan, dada, serta tubuh tahap atas berwarna hitam (pada burung remaja berwarna hitam kecoklatan).
  • Iris berwarna abu-abu.
  • Kulit tanpa bulu di kurang lebih mata berwarna jingga.
  • Paruh berwarna merah serta ujungnya berwarna putih.
  • Kaki berwarna kuning.
  • Mempunyai sayap yang agak bulat serta terbangnya tak terlalu cepat. Gerakannya semacam kupu-kupu.
Nah biasanya kami tak jarang mengalami kesusahan untuk menentukan mana yang jantan serta mana yang betina, sebab baik jantan maupun betina sama-sama bisa berkicau serta bisa menirukan suara burung tipe lain. Namun ada beberapa ciri yang membedakan jantan serta betina serta harus kamu ketahui, serta mungkin bisa menolong kamu dalam memilah jalak suren berdasarkan tipe kelaminnya.

Ciri-Ciri Jalak Suren Jantan:

  • Mempunyai badan yang lurus serta lebih besar daripada betina.
  • Bulu kepala serta punggung berwarna hitam legam.
  • Ekornya lebih panjang serta menyatu.
  • Warna merah di atas mata lebih cerah serta jelas.
  • Warna putih di tubuh tahap bawah kelihatan lebih bersih.
  • Jari-jari kakinya lebih panjang serta lebih kokoh / kuat.
  • Jambul kepalanya lebih panjang serta melebar saat mengembang.

Ciri-Ciri Jalak Suren Betina:

  • Tubuh bulat serta singkat dengan warna hitam serta putih yang agak suram.
  • Kepala agak ramping.
  • Tidak selincah jalak suren jantan.
  • Paruh, jari kaki, serta ekornya lebih singkat serta halus.
  • Warna merah di atas mata terkesan pucat dibanding burung jantan.
  • Kicauannya lebih bervariasi.
Itulah cara membedakan jalak suren jantan dan betina sumber : https://gemarburung.com/jalak/cara-membedakan-ciri-ciri-jalak-suren-jantan-dan-betina.html.

Semoga dengan adanya artikel diatas bisa menambah wawasan kita dalam memahami semua burung dan tau apa saja jenisnya serta cara membedakannya juga. Semoga bermanfaat dan mohon bagikan artikel ini jika anda terbantu :D